Jumat, 07 Januari 2011

PENTIUM GENERATION


Pentium
Pentium adalah generasi kelima dari arsitektur prosesor mikro x86 buatan Intel Corporation, yang desainnya dibuat oleh Vinod Dham. Pentium merupakan penerus dari jajaran prosesor 486, dan mulai dijual ke pasaran pertama kali pada tanggal 22 Maret 1993. Nama asli (kode) Pentium adalah 80586 atau i586, untuk mengikuti penamaan generasi sebelumnya.
Pentium merupakan prosesor pertama dari Intel yang menggunakan arsitektur superskalar, sehingga walaupun Pentium merupakan prosesor yang bersifat CISC, Pentium dapat bekerja seperti layaknya prosesor RISC, meskipun pada saat itu belum ada aplikasi yang mampu mengutilisasinya.
Prosesor Pentium I
Prosesor Pentium generasi pertama, yang memiliki nama kode i586, P5, atau 80586 memiliki kecepatan 60 MHz dan 66 MHz. Prosesor ini dipaketkan pada paket Pin-Grid Array 273-pin yang ditancapkan pada Socket-4. Prosesor ini dibangun dengan menggunakan teknik manufaktur Bipolar CMOS 800 nanometer. Karena ada 3100000 tabung vakum di dalamnya (sekarang digantikan fungsinya oleh transistor yang berukuran sepermiliar meter), prosesor ini pun terlihat bongsor karena untuk menetralisir panas yang dihasilkan diperlukan komponen tambahan. Akibatnya, prosesor ini hanya tersedia sebentar saja di pasaran. Prosesor ini pun menggunakan tegangan operasi yang sangat besar 5 volt, yang menyebabkannya ia boros daya (hingga 16 Watt), dan tentunya panas yang berlebi
Prosesor Pentium II.
Prosesor Intel Pentium II ialah prosesor penerus Pentium Pro, yang dilengkapi dengan teknologi MMX yang diluncurkan pertama kali pada Mei 1997. Sebelum diberi nama Pentium II, prosesor ini dikenal dengan codename Klamath.
Pentium II sebenarnya sama seperti Pentium Pro, dan prosesor generasi keenam dari keluarga P6 lainnya. Akan tetapi, desainnya yang agak radikal membuatnya menjadi pembeda. Dengan menggunakan teknologi 350 nanometer (0.35 mikron) dan 250 nanometer (0.25 mikron) dan dilengkapi dengan instruksi MMX, prosesor ini menjadi prosesor untuk mainstream setelah Pentium MMX, setelah Pentium Pro mengalami kegagalan pada kelas desktop dan laku hanya pada server.
Desain dudukan prosesornya dinamakan SECC (Single Edge Contact Cartridge), atau Slot-1. Cache Level-1 sebesar 32 KB terintegrasi pada die, akan tetapi cache Level-2 dimasukkan ke dalam cartridge, sehingga menyebabkan kecepatan L2 tidaklah seperti kecepatan prosesor, melainkan setengahnya. Kontak dengan motherboard pun beda. Dengan fisik seperti card adapter, Pentium II ini dibentuk, berbeda dengan kebanyakan CPU yang beredar waktu itu yang masih menggunakan ZIF socket-7. Inti prosesor Pentium II Klamath yang berjalan pada kecepatan 233 Mhz hingga 333 MHz dibuat dengan teknologi 0.35 mikron (350 nanometer). Akan tetapi inti prosesor Pentium II Deschutes, yang berlari pada kecepatan 333 Mhz hingga 450 Mhz menggunakan teknologi proses 0.25 mikron. Semua inti Pentium II didasarkan pada teknologi yang sama seperti Pentium Pro, dengan semua keungggulannya (kecuali L2 cache), dan terintegrasikannya instruksi MMX yang telah diperbaiki. Dengan semua keunggulan itu, chip pun menjadi semakin kecil, sehingga frekuensi semakin tinggi dan daya yang dibutuhkan pun menjadi lebih rendah, dan yang paling penting harganya yang lebih murah dibandingkan dengan Pentium Pro.
Prosesor Pentium III.
Pentium III adalah mikroprosesor generasi keenam buatan Intel yang diluncurkan secara resmi pada tanggal 26 Pebruari 1999 sebagai penerus prosesor Intel Pentium II. Prosesor berarsitektur 32-bit ini menggunakan mikroarsitektur Intel x86 yang diperluas dengan instruksi RISC seperti Pentium Pro. Adapun sebenarnya prosesor x86 adalah prosesor berinstruksi CISC.
Pada masanya, prosesor ini sempat menempatkan diri sebagai prosesor tercepat sebelum AMD meluncurkan prosesor jagoannya, Athlon. Jangkauan kecepatan prosesor ini mulai 450 MHz (4,5 kali 100 MHz) hingga 1.400 MHz (10,5 kali 133 MHz). Prosesor Pentium III dengan kecepatan 1.400 MHz diluncurkan hampir bersamaan dengan peluncuran prosesor Pentium 4 generasi pertama yang menimbulkan ketimpangan pasar sehingga sempat kalah pamor.
                  Prosesor Pentium IV.
Pentium 4 merek mengacu pada garis Intel desktop single core dan laptop unit pengolahan pusat (CPU) diperkenalkan pada tanggal 20 November 2000 dan dikirim melalui 8 Agustus 2008 Mereka memiliki mikroarsitektur 7-generasi x86, yang disebut NetBurst, yang pertama kali desain perusahaan semua-baru sejak diperkenalkannya mikroarsitektur P6 dari Pentium Pro CPU pada tahun 1995. NetBurst berbeda dari sebelumnya P6 (Pentium III, II, dll) dengan menampilkan jaringan pipa instruksi yang sangat mendalam untuk mencapai kecepatan clock yang sangat tinggi (sampai 3,8 GHz) hanya dibatasi oleh TDP mencapai sampai 115 W di 3.4 GHz - Prescott 3,8 GHz dan Prescotts 2M core. Pada tahun 2004, 32-bit x86 awal set instruksi mikroprosesor Pentium 4 diperpanjang oleh set 64-bit x86-64.

            Pertama Pentium 4 core, dengan nama kode Willamette, yang mencatat dari 1,3 GHz sampai 2 GHz dan prosesor Willamette pertama dirilis pada tanggal 20 November 2000 dengan menggunakan Socket 423. Terkenal dengan diperkenalkannya Pentium 4 adalah 400 MHz FSB. Ini sebenarnya beroperasi pada 100 MHz tapi FSB adalah quad-dipompa, yang berarti bahwa transfer rate maksimum empat kali jam dasar bus, sehingga dianggap untuk berjalan pada 400 MHz. AMD Athlon FSB ganda dipompa itu berjalan pada 200 MHz atau 266 MHz pada waktu itu.

            Pentium 4 CPU memperkenalkan SSE2 dan, di Pentium Prescott berbasis 4s, instruksi SSE3 set untuk mempercepat perhitungan, transaksi, pengolahan media, grafis 3D, dan permainan. Versi fitur Hyper-Threading Technology (HTT), fitur untuk membuat satu karya CPU fisik sebagai dua CPU, satu logis dan satu virtual. Intel juga dipasarkan versi prosesor low-end Celeron didasarkan pada arsitektur mikro NetBurst (sering disebut sebagai Celeron 4), dan derivatif high-end, Xeon, multiprocessor ditujukan untuk server dan workstation. Pada tahun 2005, Pentium 4 ini dilengkapi dengan Pentium D dan Pentium Extreme Edition CPU dual-core.
                        Pentium Dual Core
Pentium Dual-Core merek digunakan untuk arsitektur mikroprosesor x86-mainstream dari Intel 2006-2009 ketika itu namanya menjadi Pentium. Prosesor didasarkan pada baik Yonah 32-bit atau (dengan microarchitectures sangat berbeda) 64-bit Merom-2M, Allendale, dan inti Wolfdale-3M, ditargetkan pada komputer mobile atau desktop.

            Dalam hal fitur, harga dan kinerja pada frekuensi clock yang diberikan, Pentium Dual-Core prosesor yang ditempatkan di atas Celeron tetapi di bawah Core dan Core 2 mikroprosesor di berbagai produk Intel. Pentium Dual-Core adalah juga merupakan pilihan yang sangat populer untuk overclocking, karena dapat memberikan kinerja yang optimal (ketika overclock) dengan harga murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar